PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN TERAKREDITASI A KOTA BENGKULU

Krisyandi, Andreas Kevin and Feri, Noperman and Sri, Dadi (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SDN TERAKREDITASI A KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI-ANDREAS KEVIN KRISYANDI (A1G019087)_PGSD - Andreas kevin.pdf] Text
SKRIPSI-ANDREAS KEVIN KRISYANDI (A1G019087)_PGSD - Andreas kevin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media
pembelajaran berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar
peserta didik pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN terakreditasi
A Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif, dengan metode Quasi Experimental, desain penelitian
ini adalah The Matching Only Pretest-Posttest Control Group
Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas IV
SDN terakreditasi A Kota Bengkulu dengan pertimbangan
beberapa kriteria, yang terdiri dari SDN 07 Kota Bengkulu dan
SDN 20 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas
IVA SDN 07 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol dan kelas IV
SDN 07 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen. Pengambilan
sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes berbentuk
soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data
yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitaif.
Hasil analisis posttest menunjukan perbedaan yang signifikan
antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Selanjutnya
dilakukan uji hipotesis (Uji-t) dengan nilai pada pembelajaran
IPAS t hitung (2,901)> t tabel (2,002). Berdasarkan pengujian t hitung >
t tabel Maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran
berbasis Augmented Reality terhadap hasil belajar peserta didik
pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN terakreditasi A Kota
Bengkulu.
Kata kunci : Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality,
Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:23
Last Modified: 12 Aug 2024 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19863

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200