PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VD SDN 69 KOTA BENGKULU

Sitorus, Yuvita Millenia and Dalifa, Dalifa and Herman, Lusa (2023) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS VD SDN 69 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of YUVITA MILLENIA SITORUS A1G018122 PGSD UNIB - Yuvita Millenia.pdf] Text
YUVITA MILLENIA SITORUS A1G018122 PGSD UNIB - Yuvita Millenia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil
belajar siswa kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan
merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan
seluruh siswa kelas VD SDN 69 Kota Bengkulu yang terdiri dari 26 siswa.
Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data
observasi penerapan model pembelajaran tipe TGT dianalisis dengan deskripsi
kualitatif. Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 47,5 dengan kategori
baik meningkat pada siklus II yaitu 64 dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas
siswa pada siklus I diperoleh skor 50,5 dengan kategori baik meningkatkan pada
siklus II menjadi 64,5 dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I
mata pelajaran IPA diperoleh nilai rata-rata 73,26 dengan ketuntasan klasikal
80,76% meningkat pada siklus II yaitu 83,26 dengan ketuntasan klasikal 92,30%.
Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,84
dengan ketuntasan klasikal 76,92% meningkat pada siklus II yaitu 84,80 dengan
ketuntasan klasikal 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas
pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas VD SDN
69 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, TGT, Aktivitas Pembelajaran, Hasil
Belajar,Tematik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 12 Aug 2024 08:30
Last Modified: 12 Aug 2024 08:30
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item
View Item