PERENCANAAN PEMBELAJARAN AL QURAN BRAILLE DI PANTI SOSIAL BINA NETRA AMAL MULIA KOTA BENGKULU

Sari, Jessy Lidia and Sofino, Sofino and Ririn, Gusti (2023) PERENCANAAN PEMBELAJARAN AL QURAN BRAILLE DI PANTI SOSIAL BINA NETRA AMAL MULIA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Perencanaan Pembelajaran Al-Qur'an Braille di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu - Jessy Lidiasari.pdf] Text
Perencanaan Pembelajaran Al-Qur'an Braille di Panti Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu - Jessy Lidiasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tujuan, bahan ajar, sumber belajar dan
kegiatan pembelajaran dalam Perencanaan Pembelajaran Al-Quran Braille di Panti
Sosial Bina Netra Amal Mulia Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian sebanyak enam orang dan teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Uji validasi data menggunakan triangulasi mulai dari triangulasi subjek,
triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Pertama,tujuan pembelajaran Al-Quran Braille adalah mengajarkan anak yang
mengalami ganguan penglihatan agar dapat membaca Al-Quran, sebagai bekal
mereka kedepanya dan menjadikan mereka penghafal Al-Quran. Kedua, bahan ajar
dalam pembelajaran menggukan buku Al-Quran dan Iqro Braille book, materi berupa
membaca Al-Quran dan menghafal Al-Quran, media pembelajaran berupa Al-Quran
dan Iqro Braille. Ketiga, sumber belajar berupa buku dan manusia sebagai tenaga
pengajar. Keempat, kegiatan pembelajaran di bagi kedalam 3 langkah kegiatan yaitu
kegiatan membuka pembelajaran dengan di awali mengucap salam, menyapa murid
dan sedikit mengulas materi yang diberikan sebelumnya. Kegiatan inti pembelajaran
berupa membaca Al-Quran dan menghafal Al-Quran. Kegiatan penutup diawali
dengan menijau kembali materi sebelumnya, evaluasi pembelajaran dan memberikan
dorongan sosial
Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Al-Quran Braille, Panti Sosial

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:49
Last Modified: 13 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19879

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200