PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ILMU BUNDA KOTA BENGKULU (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bengkulu)

Losvita, Zantyke and Sofino, Sofino and Ari, Putra (2023) PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI OLEH PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) ILMU BUNDA KOTA BENGKULU (Studi Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Zantyke Losvita (A1J019009), - Zantyke Losvita.pdf] Text
Zantyke Losvita (A1J019009), - Zantyke Losvita.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program gerakan
literasi oleh pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Ilmu Bunda (studi pada
lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kota Bengkulu). Metode yang
digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatatn kualitatif. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Validasi data
penelitian menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah
pelaksanaan program gerakan literasi oleh pusat kegiatan belajar masyarakat
(PKBM) Ilmu Bunda (studi pada lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kota
Bengkulu). Program gerakan literasi dilakukan dalam 3 tahapan, tahapan
pembiasaan, tahapan pengembangan dan tahapan pembelajaran. Tahapan
pembiasaan peserta didik melakukan kegiatan 15 menit membaca sebelum
pembelajaran dimulai dan membangun lingkungan fisik yang kaya akan literasi,
seperti menyediakan perpustakaan, sudut baca dan bahan bacaan tujuannya yaitu
untuk menumbuhkan minat baca peserta didik dan kegiatan literasi dalam diri
peserta didik. Tahapan pengembangan peserta didik melakukan kegiatan lain
sebelum pembelajaran dimulai seperti ice breaking dan juga motivasi diri,
menciptakan lingkungan yang nyaman bagi peserta didik, mengembangkan
lingkungan fisik yang kaya akan literasi di LPKA kota Bengkulu, memberikan
penghargaan berupa ijazah kepada peserta didik atas apa yang telah mereka capai,
sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan literasi, melakukan
pengembangan kemampuan literasi melalui kegiatan membuat buku cerita
bergambar, cerpen, puisi yang dicetak dalam bentuk buku yang sudah berISBN
dan mengkaitkannya dengan pengalaman pribadi peserta didik, serta melakukan
pengembangan kemampuan literasi di perpustakaan. Tahapan pembelajaran
peserta didik melakukan kegiatan membaca bersama, kegiatan literasi yang
dilaksanakan sesuai dengan kurikulum 2013, strategi yang harus disiapkan oleh
tutor dalam kegiatan yang sedang terlaksana serta tutor tentunya menggunakan
lingkungan fisik, sosial, afektif dan akademik serta beragam bacaan yang kaya
akan literasi.
Kata Kunci : Literasi, PKBM, LPKA

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:49
Last Modified: 13 Aug 2024 02:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19880

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200