PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR LARI JARAK PENDEK 100 METER SISWA KELAS X SMAN 6 KEPAHIANG

Setiawan, Danis and Yahya, Eko Nopiyanto and Andes, Permadi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR LARI JARAK PENDEK 100 METER SISWA KELAS X SMAN 6 KEPAHIANG. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DANIS PERPUS UNIB (123) (1) - Doyan jajan.pdf] Text
SKRIPSI DANIS PERPUS UNIB (123) (1) - Doyan jajan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran
berbasis video TikTok untuk meningkatkan Proses Belajar Lari Jarak Pendek 100
Meter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
Research and Development (R&D). Adapun Sampel dalam penelitian ini adalah
menggunakan metode total sampling pada siswa kelas X yang berjumlah 20 siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1)
Pengembangan media pembelajaran berbasis video TikTok pada materi atletik
lari jarak pendek 100 meter kelas X di SMAN 6 Kepahiang melalui model
pengembangan ADIIE yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Model ini terdiri
dari tiga tahapan, yaitu tahap analisis (analysis), tahap desain (design), dan tahap
pengembangan (development). Pembuatan media pembelajaran dengan
menggunakan smartphone yang dibuat menggunakan aplikasi CapCut. Setelah
media selesai dikembangkan, maka diperoleh produk akhir berupa media
pembelajaran berbasis video TikTok dengan username @realmepro82. Media
pembelajaran ini memuat materi atletik lari jarak pendek yang telah
dikembangkan menjadi media yang lengkap baik dari segi tampilan, video, dan
kelengkapan materi; 2) Hasil uji kelayakan yang dilakukan pada media
pembelajaran berbasis video TikTok pada materi Atletik lari jarak pendek 100
meter manusia mendapatkan kriteria sangat layak digunakan, berdasarkan uji
kelayakan media mendapatkan persentase 75% dan hasil uji kelayakan materi
mendapatkan persentase 83%, dan hasil uji kelayakan bahasa memperoleh
persentase 81%, dengan mencocokkan kriteria kevalidan maka sangat layak
digunakan sebagai media pembelajaran. Adapun Hasil respon siswa terhadap
media pembelajaran berbasis video TikTok pada materi Atletik lari jarak pendek
100 meter manusia mendapatkan kriteria sangat positif dengan persentase
sebesar 92%.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video TikTok, Lari Jarak Pendek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physical Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:04
Last Modified: 25 Sep 2025 03:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200