Yunengsih, Yunengsih and Dewi, Rahimah and Teddy, Alfra Siagian (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C019001_YUNENGSIH_SKRIPSI - 001 Yunengsih.pdf [thumbnail of A1C019001_YUNENGSIH_SKRIPSI - 001 Yunengsih.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C019001_YUNENGSIH_SKRIPSI - 001 Yunengsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal
matematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis, mendeskripsikan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya, dan
mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari
kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kota
Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini yaitu
siswa kelas VII H yang diambil berdasarkan teknik Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) terdapat hubungan antara kemampuan awal matematika dan kemampuan
pemecahan masalah. 2) berdasarkan langkah Polya, kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa didominasi oleh siswa dengan kemampuan pemecahan masalah
matematis sedang, adapun pada proses penyelesaian masalahnya siswa tersebut hanya
mampu menguasai indikator memahami masalah dan merencanakan penyelesaian.
3) kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal
matematika didominasi oleh siswa dengan kemampuan awal sedang dan kemampuan
pemecahan masalah matematis sedang, siswa tersebut sudah sedikit lupa mengenai
materi prasyarat materi perbandingan sehingga dapat dikatakan kurang menguasai
kemampuan awal matematika, dan dalam prosesnya menyelesaikan masalah, siswa
ini sudah mampu memahami masalah dengan baik, kemudian menentukan rencana
penyelesaian dengan benar tetapi melakukan kesalahan saat proses perhitungan
sehingga jawaban yang diperoleh kurang tepat.
Kata Kunci : Kemampuan Awal Matematika; Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematis; Langkah Polya; Perbandingan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19930 |