Rahmah, Rahmah and Teddy, Alfra Siagian and Della, Maulidiya (2023) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN LANGKAH POLYA PADA SISWA MTs NEGERI 02 MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C019046_SKRIPSI - Rahmah Setia Wati 046.pdf [thumbnail of A1C019046_SKRIPSI - Rahmah Setia Wati 046.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C019046_SKRIPSI - Rahmah Setia Wati 046.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Soal cerita merupakan soal pemecahan masalah yang dapat diselesaikan dengan
langkah Polya. Aritmatika Sosial merupakan salah satu materi yang erat
hubungannya dengan soal cerita, namun masih banyak siswa yang kesulitan
menyelesaikan soal cerita Aritmatika Sosial. Oleh sebab itu, kesalahan-kesalahan
siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial perlu dianalisis. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan serta faktor-faktor
penyebab yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi
Aritmatika Sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara.
Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 02 Mukomuko yang berjumlah 48
siswa. Analisis kesalahan siswa dilakukan berdasarkan langkah penyelesian Polya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di setiap tahap penyelesaian masalah 95,83%
siswa melakukan kesalahan. Kesalahan di tahap memahami masalah yaitu salah
menuliskan informasi dan simbol dilakukan oleh 57,29% siswa. Sebanyak 48,44%
keliru dalam menuliskan rumus di tahap merencanakan penyelesaian. Di tahap
melaksanakan rencana penyelesaian adalah kesalahan melakukan operasi hitung
dilakukan oleh 69,27% siswa. Paling banyak siswa (71,35%) salah menuliskan
kesimpulan dan menuliskan kesimpulan yang tidak sesuai di tahap memeriksa
kembali. Faktor-faktor penyebab kesalahan ditahap memahami masalah adalah
siswa belum terbiasa menuliskan informasi dari soal. Siswa salah di tahap
merencanakan penyelesaian karena siswa tidak tahu rumus dan belum memahami
materi. Penyebab kesalahan di tahap melaksanakan rencana penyelesaian adalah
siswa belum menguasai operasi hitung. Di sisi lain, penyebab kesalahan di tahap
memeriksa kembali adalah siswa mendapatkan hasil yang salah dari langkah
sebelumnya. Hasil tersebut memperlihatkan guru hendaknya membiasakan siswa
menuliskan informasi dari soal, memperbanyak latihan soal, memastikan
ketuntasan operasi hitung matematika serta membiasakan siswa memeriksa
jawaban akhir dengan apa yang ditanyakan dari soal.
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Langkah Polya, Soal Cerita.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 02:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19934 |