EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Verliana, Adella and Teddy, Alfra Siagian and Hari, Sumardi (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C019047_Adella Verliana_ Pendidikan Matematika - Adella Verliana.pdf] Text
A1C019047_Adella Verliana_ Pendidikan Matematika - Adella Verliana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis dan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the non equivalent
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMP Negeri 20 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F yang berjumlah 28 orang sebagai
kelas eksperimen dengan pendekatan RME dan VII G yang berjumlah 28 orang
sebagai kelas kontrol dengan pendekatan saintifik. Pengumpulan data dilakukan
dengan instrumen tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket
motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan pendekatan
Realistic Mathematics Education (RME) lebih efektif dari peserta didik kelas
yang velajar dengan pendekatan saintifik; 2) motivasi belajar peserta didik yang
belajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik
dari peserta didik kelas yang belajar dengan pendekatan saintifik.
Kata kunci: Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Saintifik,
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:05
Last Modified: 14 Aug 2024 03:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item
View Item