Amalia, Citra Chairani and Della, Maulidiya and Tria, Utari (2023) PENGEMBANGAN LKPD ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN GEOGEBRA WEB UNTUK PEMAHAMAN KONSEP PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Citra Chairani Amalia_A1C019063_Pendidikan Matematika - Citra Chairani Amalia.pdf [thumbnail of Citra Chairani Amalia_A1C019063_Pendidikan Matematika - Citra Chairani Amalia.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Citra Chairani Amalia_A1C019063_Pendidikan Matematika - Citra Chairani Amalia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
LKPD elektronik merupakan suatu perangkat pembelajaran dengan bantuan
internet yang mampu menampilkan video, gambar, teks, dan soal-soal yang dapat
dinilai dengan otomatis. Penggunaan LKPD elektronik dengan model problem
based learning pada proses pembelajaran matematika mampu memberikan
dampak dalam meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis
metode pembelajaran problem based learning untuk kemampuan pemahaman
konsep pada materi prisma dan limas yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian
ini menggunakan penelitian dan pengembangan model ADDIE, yaitu analisis,
desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian ini
terdiri dari lembar validasi, lembar kepraktisan, dan tes kemampuan pemahaman
konsep matematis. Penelitian ini menghasilkan LKPD elektronik berbasis Problem
Based Learning Menggunakan Geogebra Web Untuk Pemahaman Konsep Prisma dan
Limas Kelas VIII SMP memenuhi kriteria: 1) Sangat valid berdasarkan 44 aspek
penilaian yang terdiri dari 17 aspek penilaian isi, 20 aspek penilaian konstruk, dan
7 aspek penilaian bahasa, 2) Praktis berdasarkan 9 aspek penilaian; 3) Efektif
berdasarkan ketuntasan belajar klasikal yaitu 80% peserta didik yang tuntas
memperoleh nilai ≥ 75 dan hasil perhitungan N-Gain kemampuan pemahaman
konsep dengan rata-rata N-Gain 0,75 berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: ADDIE, Geogebra Web, Pemahaman Konsep, Problem-Based
Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19945 |