Umam, Rija Khoerul and Teddy, Alfra Siagian and Agus, Susanta (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Draf-Skripsi Rija Khoerul Umam_compressed - Rija Khoerul Umam.pdf [thumbnail of Draf-Skripsi Rija Khoerul Umam_compressed - Rija Khoerul Umam.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Draf-Skripsi Rija Khoerul Umam_compressed - Rija Khoerul Umam.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa diakibatkan karena siswa belum
terbiasa melakukan proses dengan sistematis yang membutuhkan aspek memahami,
merencanakan, menyelesaikan dan menyimpulkan. Penerapan model problem
based learning dapat membantu siswa untuk terbiasa menyelesaikan soal dengan
proses yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah
siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu
dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu
tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G
sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem
Based Learning dan kelas VII H sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemecahan
masalah. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan (2-tailed) lebih
kecil dari taraf signifikan yakni 0,000 < 0,05. Adapun nilai rata-rata hasil tes
kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen yang diperoleh yakni 83,40 dan
hasil tes kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol yang diperoleh yakni 68,47.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada
penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah materi bangun datar segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 11
Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Eksperimen Semu, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Konvensional, Problem Based Learning.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:06 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19946 |