PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT DI SMP IT RABBI RADHIYYA CURUP

Putri, Ismaluthfi Nafi’ah and Ringki, Agustinsa and Nurul, Astuty Yensy (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT DI SMP IT RABBI RADHIYYA CURUP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_ISMALUTHFI NAFI'AH PUTRI_A1C019028 - 028 Ismaluthfi Nafi'ah Putri.pdf] Text
SKRIPSI_ISMALUTHFI NAFI'AH PUTRI_A1C019028 - 028 Ismaluthfi Nafi'ah Putri.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis sangat penting, tetapi hasil tes
pemahaman konsep matematis siswa SMP IT Rabbi Radhiyya pada materi
perbandingan rendah. Salah satu penyebabnya karena siswa kurang aktif dalam
pembelajaran. Sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa
dan sesuai dengan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menganjurkan beberapa
model pembelajaran yang berpusat pada siswa, salah satunya Project Based
Learning (PjBL). Salah satu materi pembelajaran matematika di sekolah yang
memuat banyak konsep adalah pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis pada pokok bahasan garis dan sudut di
SMP IT Rabbi Radhiyya Curup. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu
dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Rabbi Radhiyya tahun ajaran 2022/2023
dan kelas VII-A sebagai sampe penelitian yang dipilih menggunakan teknik
Purposive Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk soal uraian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes pemahaman konsep
matematis setelah PjBL lebih tinggi dibandingkan dengan tes sebelum PjBL. Data
dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis paired sample t test sehingga
diperoleh nilai

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:48
Last Modified: 14 Aug 2024 03:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item
View Item