Lestari, Kartika Ayu and Dewi, Rahimah and Tria, Utari (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATERI PELUANG KELAS VIII SMP NEGERI 8 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_KARTIKA AYU LESTARI_A1C019056_compressed - 056 Kartika Ayu Lestari.pdf [thumbnail of SKRIPSI_KARTIKA AYU LESTARI_A1C019056_compressed - 056 Kartika Ayu Lestari.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_KARTIKA AYU LESTARI_A1C019056_compressed - 056 Kartika Ayu Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Realistic
Mathematic Education pada materi peluang Kelas VIII SMP Negeri 8 Bengkulu
Selatan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu Difine,
Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian terdiri dari lembar
validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Realistic
Mathematics Education memenuhi kategori: (1) sangat valid berdasarkan angket
penilaian, yang mana LKPD telah memuat karekteristik Realistic Mathematics
Education, Judul LKPD jelas, identitas kepemilikan jelas, memuat kompetensi
dasar yang jelas, menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami,
menggunakan kalimat perintah, (2) sangat praktis berdasarkan angket penilaian,
yang mana LKPD membantu peserta didik untuk menyimpulkan atas hasil
penyelesaian masalah mengenai jawabannya, membantu peserta didik untuk
berkomunikasi serta mendiskusikan mengenai jawaban yang mereka dapat, (3)
Efektif dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh
87% peserta didik yang tuntas, uji paired semple t test dengan nilai p-velue 0,000
< 0,05 yang berarti LKPD berpengaruh dalam peningkatan test hasil belajar
peserta ddik serta hasil perhitungan N-gain tes hasil belajar dengan rata-rata N
gain 0,79 berada pada kategori tinggi
Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Realistic Mathematics Education
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 03:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19958 |