PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Fierda, Natasya Anggraini and Teddy, Alfra Siagian and Nurul, Astuty Yensy (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_NATASYA ANGGRAINI FIERDA_A1C019042_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 042 Natasya Anggraini Fierda.pdf] Text
SKRIPSI_NATASYA ANGGRAINI FIERDA_A1C019042_PENDIDIKAN MATEMATIKA - 042 Natasya Anggraini Fierda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah bangun ruang sisi
datar. Bangun ruang sisi datar merupakan pembelajaran matematika yang banyak
digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan materi prasyarat untuk
materi selanjutnya sehingga diperlukan pemahaman konsep yang baik dari materi
tersebut. Model Project Based Lerning sangat cocok diterapkan untuk
meningkatkan pemahaman konsep melalui pengerjaan proyek dan keterlibatan
peserta didik secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk
menguji pengaruh model Project Based Learning terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment
research) dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri
10 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini ialah kelas
VIII F yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel
tersebut terdiri dari 28 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis
yang berbentuk soal uraian. Nilai rata-rata pretest kemampuan pemahaman
konsep adalah 50,00 dan nilai rata-rata post-test kemampuan pemahaman konsep
adalah 78,57. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t-test dan skor N-
Gain. Hasil dari pengujian hipotesis, diperoleh nilai 10,95 >
2,05 dan hasil perhitungan N-Gain diperoleh 0,60. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP
Negeri 10 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Eksperimen Semu, Kemampuan
Pemahaman Konsep, Project Based Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 03:48
Last Modified: 14 Aug 2024 03:48
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19959

Actions (login required)

View Item
View Item
Slot Gacor Mantap Hari Ini Maxwin 2025 slot gacor Slot Gacor Thailand Rekomendasi Slot Gacor Slot Pulsa Link Slot Gacor