PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MEDIA ADOBE FLASH CS6 MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK

Delviyana, Netha and Ria, Ariesta and Agus, Trianto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MEDIA ADOBE FLASH CS6 MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS NEHA DELV IYANA (A2A019010) 5_compressed - netha delviyana.pdf] Text
TESIS NEHA DELV IYANA (A2A019010) 5_compressed - netha delviyana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) mendesipsikan analisis kebutuhan
bahan ajar mobile learning berbasis android menggunakan media Adobe
Flash Cs6 materi teks eksposisi. (2) mendeskripsikan proses pengembangan
bahan ajar mobile learning berbasis android menggunakan media Adobe
Flash Cs6 materi teks eksposisi. (3) mengetahui kelayakan bahan ajar
mobile learning berbasis android menggunakan media Adobe Flash Cs6
materi teks eksposisi. (4) mengetahui keefektivan bahan ajar mobile learning
berbasis android menggunakan media Adobe Flash Cs6 materi teks
eksposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif
dengan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development). Prosedur yang digunakan mengadopsi metode penelitian dan
pengembangan 4D. Terdapat 4 tahapan prosedur penelitian yang dijalankan,
yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner/angket campuran
(analisis kebutuhan guru) dan kuesioner/angket tertutup (analisis kebutuhan
siswa, ahli materi, ahli media, dan respon peserta didik). Instrumen validasi
ahli dan respon peserta didik menggunakan skala likert. Hasil analisis
kebutuhan guru diperoleh guru sangat mengharapkan memiliki bahan ajar
bahasa Indonesia bebasis teknologi informasi komunikasi berupa gambar,
suara, dan animasi. Hasil analisis kebutuhan siswa diperoleh siswa
mengharapkan pembelajaran yang lebih menyenangkan jika disajikan
melalui bahan ajar yang variatif dan interaktif. Hasil proses pengembangan
bahan ajar mobile learning dimulai dengan pembuatan produk awal bahan
ajar yang terdiri dari menu pembuka, kompetensi dasar dan indikator, pre-
test, materi, contoh teks eksposisi, post-test, dan menu profil pengembang.
Hasil pengembangan produk akhir terdiri dari menu pembukaan, profil
pengembang, petunjuk pengoperasian, kompetensi dasar danj indikator,
apersepsi, materi, dan menu evaluasi. Hasil uji kelayakkan ahli materi dari
aspek isi diperoleh 92% dan dari aspek tampilan ketepatan materi diperoleh
80%. Hasil uji kelayakkan ahli media dari aspek media diperoleh 85%, aspek
tampilan produk diperoleh 90%, aspek kualitas teknis dan kelayakkan produk
diperoleh 84%, dan aspek ketepatan materi diperoleh 93%. Hasil uji
efektivitas (respon siswa terhadap produk) diperoleh aspek hasi produk 82%
dan aspek kelayakan bagi siswa diperoleh 84%. Berdasarkan data tersebut
dapat disimpulkan bahwa bahan ajar mobile learning berbasis android
menggunakan Adobe Flash Cs6 materi menulis teks eksposisi dinyatakan
layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Mobile Learning, Android, Adobe Flash Cs6, Teks
Eksposisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:20
Last Modified: 14 Aug 2024 04:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19970

Actions (login required)

View Item
View Item