Auva, Aidiyana and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH MEDIA POWTOON DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Aidiyana Auva bebas perpustakaan universitas - sdn01 benteng.pdf [thumbnail of Aidiyana Auva bebas perpustakaan universitas - sdn01 benteng.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Aidiyana Auva bebas perpustakaan universitas - sdn01 benteng.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media powtoon
dalam pembelajaran sains berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa kelas V Sekolah Dasar pada aspek interpretasi, analisis dan inferensiasi.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi-Experimental dengan
desain Pretest-Posttest Control Group untuk menguji dampak penggunaan media
powtoon dalam pembelajaran sains berbasis masalah terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis yang digunakan berupa data
kuantitatif dengan menggunakan instrumen non-tes berupa lembar validasi ahli
dan tes berupa tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa media powtoon dalam pembelajaran sains berbasis masalah
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada aspek interpretasi. Rata-rata
posttest pada kelas kontrol sebesar (76,36), kelas eksperimen sebesar (87,00).
Persentase penghitungan N-Gain sebesar (81%) dengan kategori besar. Pengunaan
media powtoon dalam pembelajaran sains berbasis masalah berpengaruh
signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis aspek analisis. Rata-rata posttest
pada kelas kontrol sebesar (73,64), kelas eksperimen sebesar (85,00). Presentase
nilai N-Gain sebesar (81%) dengan kategori besar. Pengunaan media powtoon
dalam pembelajaran sains berbasis masalah berpengaruh signifikan terhadap
kemampuan berpikir kritis aspek inferensiasi. Rata-rata posttest pada kelas kontrol
sebesar (74,55), kelas eksperimen sebesar (86,00). Nilai N-Gain sebesar (0,91)
jika di presentase sebesar (81%) dengan kategori besar. Hubungan antara
kemampuan berpikir kritis pada aspek interpretasi dan analisis secara bersama
dengan inferensias memiliki hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat
kuat dengan koefesien (0,92). Aspek analisis dan inferensiasi dengan koefesien
(0,59). Aspek interpretasi dan analisis memiliki koefesien (0,80). Pengunaan
media powtoon dalam pembelajaran sains berbasis masalah dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis pada aspek interpretasi, analisis, dan interpretasi dalam
kategori besar serta memiliki hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat
kuat.
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Media Powtoon, Pembelajaran Berbasis
Masalah, Sains.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 04:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 04:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19972 |