PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KERAMAT RIAK BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 56 KOTA BENGKULU

Utami, Indah Putri and Abdul, Muktadir and Irwan, Koto (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA RAKYAT KERAMAT RIAK BERBASIS AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 56 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS Indah putri utami A2G021026_compressed - IndahPutriUtami.pdf] Text
TESIS Indah putri utami A2G021026_compressed - IndahPutriUtami.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, mendeskripsikan tingkat kelayakan,
mengetahui respon pengguna dan mengetahui efektivitas Pengembangan Bahan
Ajar Cerita Rakyat Keramat Riak Berbasis Audio Visual Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 56
Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(Reseacrh and development). Model penelitian dalam pengembangan bahan ajar
adalah model ADDIE. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan
kualitatif dengan menggunakan instrument berupa wawancara, angket analisis
kebutuhan, soal, lembar validasi ahli dan angket respon pengguna. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Bahan ajar yang telah dikembangkan
layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam muatan Bahasa Indonesia kelas
IV. Hasil validasi ahli 0,95 dari validasi ahli materi, 0,93 dari validasi desain,
serta 0,94 dari validasi ahli bahasa. Respon pengguna sangat baik karena hasil
analisis angket guru kelas IV menunjukkan persentase 90,8% dengan kriteria
sangat baik. Sedangkan untuk respon dari peserta didik memperoleh presentase
93,8% dengan kriteria sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 56 Kota Bengkulu.
Hal ini berdasarkan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan
bahan ajar berbasis audiovisual memperoleh nilai 80 sedangkan pada kelas
kontrol memperoleh nilai 70,56 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara
kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Kata Kunci: Bahan Ajar Cerita Rakyat, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item
View Item