PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SD

Lestari, Tri Moka and Irwan, Koto and Endang, Widi Winarni (2023) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA AUGMENTED REALITY DENGAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TRI MOKA LESTARI LENGKAP - Tri Moka Lestari.pdf] Text
TRI MOKA LESTARI LENGKAP - Tri Moka Lestari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemanfaatan media
augmented reality dengan flash card dalam pembelajaran sains berbasis proyek
terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi aspek menganalisis,evaluasi,mencipta
pada siswa kelas 5, Menganalisis hubungan antara kemampuan berpikir tingkat
tinggi aspek analisis, evaluasi bersama sama dengan aspek mencipta. Jenis
penelitian yang dgunakan adalah penelitian quasy eksperimen atau ekaperimen
semu dengan mengunakan desain pretest-posttest control group design. Desain
penelitian ini melalui beberapa proses yaitu pretest, pelaksanaan pembelajaran
pada kelas ekperimen dan kelas kontrol dan pelaksanaan posttest. Jenis data yang
digunakan adalah data kuantitatif dengan menggunakan instrument berupa
wawancara, analisis kebutuhan, instrumen soal, lembar validasi ahli. Berdasarkan
hasil penelitian uji N-Gain aspek analisis Kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes
sebesar 72,00 sedangkan pada kelas ekperimen dengan rata-rata hasil tes sebesar
83,24. Berdasarkan hasil penelitian uji N-Gain aspek evaluasi Kelas kontrol
dengan rata-rata hasil tes sebesar 72.86 sedangkan pada kelas ekperimen dengan
rata-rata hasil tes sebesar 84.84. Berdasarkan hasil penelitian uji N-Gain aspek
mencipta kelas kontrol pada penelitian ini rata-rata hasil tes sebesar 74.40
sedangkan pada kelas ekperimen dengan rata-rata hasil tes sebesar 84.80.
Terdapat hubungan antara berpikir tingkat tinggi aspek analisis, evaluasi bersama
sama dengan aspek mencipta. diperoleh nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Media Augment Reality, flash card, PjBL, Sains, HOTS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:49
Last Modified: 14 Aug 2024 04:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19978

Actions (login required)

View Item
View Item