Siregar, Ella Sahara and Catur, Wulandari and Arono, Arono (2023) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IX.2 SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![ELLA SAHARA SIREGAR_merged - Ella Sahara.pdf [thumbnail of ELLA SAHARA SIREGAR_merged - Ella Sahara.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ELLA SAHARA SIREGAR_merged - Ella Sahara.pdf - Other
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Menulis
Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas IX.2
SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota.
Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan kegiatan
memberikan selebaran pertanyaan seputaran Pembelajaran Menulis Teks Cerpen
Menggunakan Metode Discovery Learning, dan sumber data dalam penelitian ini
ada dua yaitu, guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 4 kota Bengkulu
dan 31 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara dan rekaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa
dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa IX.2 SMP Negeri 4 Kota
Bengkulu sesuai dengan tahapan dan proses pembelajaran metode discovery
learning yakni (1) Peserta didik dapat aktif dan berinteraksi baik dengan guru
selama pemberian stimulus pembelajaran menulis teks cerpen, (2) Peserta didik
mengidentifikasi pembelajaran dengan menentukan aspek kebahasaan dari teks
cerpen, (3) Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara bergantian dengan
pengetahuan yang dimilikinya, (4) Peserta didik menulis cerpen yang ditulis
secara berkelompok pada tahap mengolah data yang menghasilkan cerpen
karangan berkelompok, (5) Pada tahap membuktikan peserta didik membacakan
hasil penulisan cerpen kelompok masing-masing. Secara umum pembelajaran
menulis teks cerpen dengan discovery learning pada siswa IX.2 SMP Negeri 4
Kota Bengkulu membuat siswa lebih aktif berpikir dan berani untuk menjawab
hal-hal yang meliputi seluruh rangkaian pembelajaran menulis teks cerpen
dimulai.
Kata Kunci: Pembelajaran, Teks Cerpen, Discovery Learning
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 07:34 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 07:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/19987 |