Mayang Sari, Yolanda and Rina, Suthia Hayu and Muhartini, Salim (2021) PENGARUH TRUSTWORTHINESS, ATTRACTIVENESS, EXPERTISE DAN POPULARITY CELEBRITY ENDORSEMENT SUHAY SALIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE KOREA SOME BY MI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI FIX - YOLANDA MAYANG SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Perusahaan harus memiliki strategi promosi untuk produk yang mereka
tawarkan supaya suatu bisnis dapat bertahan dalam pangsa pasar yang kompetitif.
Salah satu strategi komunikasi yang umum digunakan perusahaan untuk mendorong
dan menanamkan dampak positif dari suatu produk ataupun jasa di benak pelanggan
adalah dengan meminta dukungan dari para selebriti. Beberapa tahun terakhir,
industri kecantikan (skincare) di Indonesia diserbu oleh produk dari Korea Selatan.
Hal ini terjadi karena pengaruh dari budaya K-Pop yang belakangan ini semakin
banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, sehingga produk-produk skincare yang
seringkali diiklankan oleh aktor/aktris korea banyak dicari dan mudah ditemukan di
pusat perbelanjaan serta situs belanja online di Indonesia. Suhay Salim merupakan
salah satu selebriti endorsemen cukup terkenal di Indonesia. Melalui review yang
diberikan oleh Suhay Salim, konsumen lebih mudah untuk mencari referensi dalam
pemilihan skincare yang cocok sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk
perawatan kulit wajah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari
keputusan pembelian yang dipengaruhi oleh variabel trustworthiness, attractivness,
expertise, dan popularity Selebriti endorsemen Suhay Salim terhadap individu yang
menggunakan dan membeli produk skincare Korea some by mi di Indonesia.
Keputusan pembelian merupakan suatu proses penilaian dan pemilihan dari
berbagai alternatif sesuai dengan kepentingan – kepentingan tertentu tertentu dengan
menetapkan suatu pilihan yang dianggap paling menguntungkan (Amirullah, 2002).
Trustworthiness mengacu pada sejauh mana audiens memandang bahwa selebriti
mampu menyampaikan rasa integritas, kejujuran, dan kepercayaan melalui media
iklan (Tripp & Jensen, 2004). Attractiveness para selebriti endorser dapat
dikategorikan sebagai bobot, tinggi dan kecantikan wajah yang sering dinilai oleh
publik (Albert et al., 2017). Expertise merupakan atribut berbasis kognisi, dan
mengacu pada keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh
endorser (Eisend & Langner, 2010). Popularity merupakan seberapa jauh seorang
selebriti dikenal di khalayak umum (Miller & Allen, 2012).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana terdapat
pengujian hipotesis. Dalam penelitian ini ada 4 hipotesis yang di uji, pertama menguji
pengaruh trustworthiness terhadap keputusan pembelian, kedua menguji pengaruh
attractiveness terhadap keputusan pembelian, ketiga menguji expertise terhadap keputusan pembelian dan keempat menguji pengaruh popularity terhadap keputusan
pembelian. Metode pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran kuesioner
online. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk
skincare Korea some by mi dan pernah melihat Suhay Salim melakukan review
produk skincare Korea some by mi di akun youtube dan instagram. Jumlah responden
dalam penelitian ini yang diolah adalah sebanyak 250 responden. Analisis dalam
penelitian ini menggunakan metode analisis linear berganda dengan bantuan
Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0. for window.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Trustworthiness berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin meningkat tingkat
kepercayaan seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula
tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. 2) Attractiveness
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut
menunjukkan bahwa semakin meningkat trustworthiness seorang selebriti endorser
Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat keputusan pembelian produk
skincare Korea some by mi. 3) Expertise berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin meningkat expertise
seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula tingkat
keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi. 4) Popularity berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, artinya semakin meningkat
popularitas seorang selebriti endorser Suhay Salim maka semakin meningkat pula
tingkat keputusan pembelian produk skincare Korea some by mi.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini menunjukkan
bahwa trustworthiness, attractiveness, expertise, dan popularity berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun saran praktis dalam penelitian
ini bagi para pemasar produk skincare Korea some by mi di Indonesia harus
mempertimbangkan mengenai pentingnya tingkat kepercayaan (trustworthiness),
daya tarik fisik, keahlian, dan popularitas selebriti endorser Suhay Salim, serta
bagaimana menerapkannya secara efektif dalam sistem periklanan dan promosi jika
ingin merebut pasar kaum muda.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 10:01 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 10:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20002 |