Kurniawat, Meina Elsa Putri and Sri, Irawati and Abas, Abas (2023) PENERAPAN INKUIRI TERSTUKTUR MENGGUNAKAN BUKU UNIT PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN LICHENES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
A1D019001_MEINA ELSA PUTRI KURNIAWATI_SKRIPSI - Meina Elsa.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan medeskripsikan aktivitas mengejar guru, peserta didik serta
hasil belajar kognitif melalui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terstruktur
menggunakan buku unit pembelajaran keanekaragaman Lichen,. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang
dilakukan sebanyak 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas X
IPA 8 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajara 2022/2023. Data dikumpulkan
dengan cara observasi dan tes serta menggunakan instrumen penelitian berupa
lembar observasi dan tes. Hasil analisis aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor
47 (baik) dan siklus II dengan skor 53 (baik) asil Analisis aktivitas peserta didik
pada siklus I diproleh skor 42 (baik) dan siklus II dengan skor 53,5 (baik). Hasil
belajar kogitif siklus I sebesar 75% (tuntas) dan siklus II 81,1% (tuntas).
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahawa penerapan inkuiri terstruktur
mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 8 SMA
Negeri 7 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Inkuiri Terstruktur, Buku Unit Pembelajaran, Lichen, Hasil Belajar
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
| Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
| Date Deposited: | 15 Aug 2024 04:45 |
| Last Modified: | 15 Aug 2024 04:45 |
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20052 |

