Kurnia, Wendi and Iwan, Setiawan and Rosane, Medriati (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI FLUIDA STATIS SISWA SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Wendi Kurnia (A1E017033) prodi pendidikan fisika - Wendi Kurnia.pdf [thumbnail of Skripsi Wendi Kurnia (A1E017033) prodi pendidikan fisika - Wendi Kurnia.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Wendi Kurnia (A1E017033) prodi pendidikan fisika - Wendi Kurnia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis scaffolding
untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis siswa
SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research
and Development) dengan model pengembangan 4-D, namun pada penelitian ini
dilakukan sampai tahap 3-D yang terdiri dari define, design, dan develop.
Berdasarkan hasil uji validitas pada aspek kelayakan isi didapatkan persentase
sebesar 83,2 % yang dikategorikan layak. Pada aspek penggunaan bahasa
didapatkan persentase sebesar 88% yang dikategorikan sangat layak. Pada aspek
penyajian didapatkan persentase sebesar 88 % yang dikategorikan sangat layak
dan pada aspek kegrafisan didapatkan persentase 94,2 % yang dikategorikan
sangat layak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis scaffolding
untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis siswa
SMA dengan persentase rata-rata yaitu 88,3 % yang dikategorikan sangat layak
dan hasil persepsi peserta didik berada dalam kategori sangat baik dengan
persentase sebesar 88,4 %.
Kata Kunci: Penelitian dan pengembangan, LKPD, Scaffolding, Keterampilan
Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:31 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20087 |