Herliana, Delpi and Connie, Connie and Desy, Hanisa Putri (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI HUKUM NEWTON. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DELPI_compressed - Delpi Herliana.pdf [thumbnail of SKRIPSI DELPI_compressed - Delpi Herliana.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DELPI_compressed - Delpi Herliana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis
Discovery Learning untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian model Research and Development (R & D) difine, design
dan develop. Teknik pengumpulan data adalah teknik non test yang menggunakan
data observasi dan angket. Teknin analisis data adalah metode deskriptif,
kualitatif, dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa dari setiap
SMA Negeri 1, 4 dan 9 Kota Bengkulu dengan jumalah total 45 siswa untuk uji
persepsi dan 3 uji validasi ahli untuk uji kelayakan produk. Berdasarkan hasil
validasi ahli terdapat lembar kerja peserta didik berbasis Discovery Learning
untuk melatih kemampuan berfikir kritis siswa yang dikembangkan termasuk
dalam katagori sangat setuju dengan tingkat validasi yaitu: pada aspek penyajian
sebesar 89% dengan katagori sangat setuju, kelayakan ini sebesar 93% dengan
katagori sangat setuju, kebahasaan sebesar 94% dengan katagori sangat setuju,
Discovery Learning sebesar 96% dengan katagori sangat setuju, dan berpikir kritis
sebesar 89% dengan katagori sangat setuju. Selanjutnya uji persepsi mendapat
skor 91% dengan katagori sangat baik. Berdasarkan validasi dan uji persepsi yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang
dikembangkan valid atau sangat setuju dan sangat baik.
Kata kunci: penelitian dan pengembangan, LKPD, Discovery Learning,
kemampuan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:32 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20088 |