PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

Aisyah, Siti and Eko, Risdianto and Indra, Sakti (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SITI AISYAH-A1E018026 (PENDIDIKAN FISIKA)_ - SITI AISYAH.pdf] Text
SKRIPSI SITI AISYAH-A1E018026 (PENDIDIKAN FISIKA)_ - SITI AISYAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis
Problem Based Learning yang valid untuk melatih kemampuan kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian model Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tahapan
define, design, dan develop. Teknik pengumpulan data adalah teknik non tes yang
menggunakan data observasi dan angket. Teknik analisis data adalah metode
deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 siswa
dari setiap SMA Negeri 1, 4 dan 9 Kota Bengkulu dengan jumlah total 45 siswa
untuk uji keterbacaan dan 3 validasi ahli untuk uji kelayakan produk. Berdasarkan
hasil uji validasi ahli terhadap lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based
Learning untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan termasuk
dalam kriteria sangat layak dengan tingkat validitas yaitu: pada aspek kelayakan isi
sebesar 0.97 dengan kategori sangat tinggi, pada aspek tahapan berpikir kritis
(FRISCO) sebesar 0.77 dengan kategori tinggi, pada aspek tahapan Problem Based
Learning sebesar 0.79 dengan kategori tinggi, pada aspek kebahasaan sebesar 0.93
dengan kategori sangat tinggi, pada aspek penyajian sebesar 0.84 dengan kategori
sangat tinggi, dan pada aspek kegrafikan sebesar 1.00 dengan kategori sangat
tinggi. Selanjutnya, uji keterbacaan produk mendapatkan skor total yaitu 92%
dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji keterbacaan yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik yang
dikembangkan valid atau sangat layak dan berdasarkan uji keterbacaan oleh peserta
didik mendapatkan respon positif atau sangat baik pada produk yang
dikembangkan.
Kata kunci: .Penelitian dan pengembangan, LKPD, Problem Based Learning,
Keterampilan berpikir kritis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:32
Last Modified: 16 Aug 2024 02:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20090

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200