Azizah, Tika Nur and Rosane, Medriati and Dedy, Hamdani (2023) PENGEMBANGAN LKPD GELOMBANG CAHAYA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH BERBANTUAN SIMULASI PhET UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Tika Nur Azizah_compressed (1) - Tika Nur Azizah.pdf [thumbnail of SKRIPSI Tika Nur Azizah_compressed (1) - Tika Nur Azizah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Tika Nur Azizah_compressed (1) - Tika Nur Azizah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan persepsi
peserta didik terhadap LKPD gelombang cahaya dengan scientific approach
berbantuan simulasi PhET untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model 3D dengan
langkah-langkah define,, design, dan develop. Teknik pengumpulan data yaitu
teknik non tes yang menggunakan data observasi, dan angket. Teknik analisis data
yaitu dengan metode deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Subjek yang digunakan
pada penelitian ini adalah guru fisika dan peserta didik kelas XI di SMA Negeri 6,
8, dan 9 Kota Bengkulu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD
dengan scientific approach berbantuan simulasi PhET untuk melatihkan
keterampilan berpikir kritis yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat
layak dengan rata-rata persentase 91% sehingga layak diujicobakan serta
mendapatkan persepsi sangat baik dari peserta didik dengan persentase rata-rata
sebesar 79,97%.
Kata Kunci: LKPD, Scientific Approach, Simulasi PhET, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:32 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20091 |