Agustina, Willya and Rina, Elvia and Sura, Menda Ginting (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS LEARNING CYCLE 5E PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![WILLYA AGUSTINA_A1F018014_SKRIPSI untuk BEBAS PUSTAKA UNIB - Willya Agustina.pdf [thumbnail of WILLYA AGUSTINA_A1F018014_SKRIPSI untuk BEBAS PUSTAKA UNIB - Willya Agustina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
WILLYA AGUSTINA_A1F018014_SKRIPSI untuk BEBAS PUSTAKA UNIB - Willya Agustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Learning cycle 5E pada materi termokimia yang bertujuan untuk
mengetahui kelayakan LKPD, respon peserta didik, dan meningkatkan
kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pengembangan yang digunakan
yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SMAN 1 Kota
Bengkulu dari bulan Agustus 2022 sampai Januari 2023. Subjek penelitian adalah
12 orang siswa kelas XI MIPA 6 untuk uji coba skala kecil dan 27 orang siswa
kelas XI MIPA 5 untuk uji coba skala besar. Pada penelitian ini, dilakukan 3 jenis
uji coba yaitu: 1) uji coba ahli untuk mengetahui tingkat kelayakan produk; 2) uji
coba skala kecil untuk mengetahui respon peserta didik; 3) uji coba skala besar
untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui
soal tes pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Tingkat kelayakan
produk LKPD sebesar 85,67%, dalam kategori sangat layak; 2) Berdasarkan hasil
uji coba skala kecil diperoleh persentase respon peserta didik sebesar 89,9%
dengan kategori sangat menarik; 3) Berdasarkan rata-rata hasil pretest dan posttest
diperoleh N-Gain nilai N-gain massing-masing indikator berpikir kritis yaitu:
interpretasi sebesar 0,62 dalam kategori sedang, analisis sebesar 0,67 dalam
kategori sedang, evaluasi sebesar 0,81 dalam kategori tinggi, inferensi sebesar
0,54 dalam kategori sedang, eksplanasi sebesar 0,74 dalam kategori tinggi, dan
regulasi sebesar 0,56 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan terbukti layak digunakan serta
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik karena skor N-gain
yang diperoleh pada masing-masing indikator ≥ 0,3 yaitu sebesar 0,66 dalam
kategori sedang.
Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Learning cycle 5E, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 02:37 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 02:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20094 |