KEPUASAN ORANG TUA TENTANG PELAYANAN TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TAZAKKA KOTA BENGKULU

Dalereva, Ayu and Rufran, Zulkarnain and Ririn, Gusti (2023) KEPUASAN ORANG TUA TENTANG PELAYANAN TEMPAT PENITIPAN ANAK (TPA) TAZAKKA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of AYU DALEREVA_UNIB_A1J019017_SKRIPSI_PNF 2023 - ayu reva.pdf] Text
AYU DALEREVA_UNIB_A1J019017_SKRIPSI_PNF 2023 - ayu reva.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kepuasan Orangtua Tentang
Pelayanan Tempat Penitipan Anak (TPA) Tazakka Kota Bengkulu. Penelitian
ini di lakukan di TPA Tazakka. Landasan teori yang digunakan yaitu Standar
Pelayanan Anak (SPA), Latar belakang penelitian dalam pelaksanaan
pengasuhan anak TPA Tazakka menggunakan SPA (Standar Pelayanan
Anak) yang merupakan acuan/standar, sehingga pelaksanaannya harus dilihat
apakah sesuai atau tidak dengan SPA. Populasi penelitian ini adalah Orangtua
yang menitipkan anaknya di TPA Tazakka yang berjumlah 30 dengan jumlah
sampel 30 Orangtua. Metode penelitian ini kuantitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Prosedur penelitian ini meliputi pengumpulan
data, pengelolaan menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor
menggunakan rumus average dalam Microsoft Excel. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kepuasan orangtua tentang kegiatan waktu kedatangan
anak sebesar 84,16% sehingga masuk dalam kategori sangat puas, karena
pengasuh melaksanakan pelayanan menyambut kedatangan. Kepuasan
orangtua tentang kegiatan belajar dan bermain di dalam ruangan (indoor)
sebesar 85,18% sehingga masuk kedalam kategori sangat puas, kepuasan
orangtua tentang kegiatan melaksanakan sholat dhuha dan makan sebesar
85,66% sehingga masuk kedalam kategori sangat puas. Kepuasan orangtua
tentang kegiatan istirahat dan persiapan tidur siang adalah sebesar 86,44%
sehingga masuk kedalam kategori sangat puas. Kepuasan orangtua tentang
kegiatan makan siang sebesar 85,33% sehingga masuk kedalam kategori
sangat puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan main outdoor (di luar
ruangan) dan beres-beres mainan anak adalah sebesar 82,66 % sehingga
masuk kedalam kategori puas. Kepuasan orangtua tentang kegiatan mandi
sore dan menunggu jemputan anak sebesar 88,27% sehingga masuk kedalam
kategori sangat puas. Resfon dari orang orang tua di perolehnya dengan
bantuan buku penghubung.
Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan, Tempat Penitipan Anak (TPA)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:25
Last Modified: 16 Aug 2024 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20108

Actions (login required)

View Item
View Item