Darmawan, Rinto Ade and Citra, Dwi Palenti and Ririn, Gusti (2023) PENGELOLAAN PROGRAM TAHSIN PADA RUMAH AL-QUR’AN AT-TARTIL KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RINTO ADE DARMAWAN_PNF_2018 - Rinto GALERY.pdf [thumbnail of RINTO ADE DARMAWAN_PNF_2018 - Rinto GALERY.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINTO ADE DARMAWAN_PNF_2018 - Rinto GALERY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, penggerakkan serta
evaluasi program tahsin pada Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu. Peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penggunaan
data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validasi
data peneliti menggunakan teknik triangulasi waktu, triangulasi subjek serta triangulasi teknik.
Informan atau partisipan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang, dengan permasalahan
penelitian yang meliputi: perencanaan, penggerakan dan evaluasi program tahsin pada Rumah
Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan
bahwa: (1) bahwa perencanaan pembelajaran program tahsin di Rumah Al-Qur’an At-Tartil
Kota Bengkulu program dirancang dengan sistematis dan juga menjalani proses-proses untuk
menentukan program dan kegiatan yang akan di laksanakan agar dapat mencapai tujuan yang
diinginkan. Dimulai dari mengadakan rapat dengan seluruh dewan guru cluster, BPH hingga
Team leader, pemberian arahan tentang materi tahsin, melakukan pelatihan membaca al-qur’an
dan memurojaah, pemberian pemahaman tentang materi program tahsin al-qur’an hingga
dilaksanakannya proses pembelajaran program tahsin tersebut yang juga dimulai dilakukannya
pembagian cluster atau kelas yang di sesuaikan dengan tingkatan-tingkatan masing-masing
cluster atau kelas dari mulai kelas anak hingga kelas dewasa yang dikelompokkan berdasarkan
uji bacaan al-qur’an sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta didik hingga pembuatan
jadwal untuk masing-masing kelas tahsin yang sudah dibagikan atau dikelompokkan. (2) bahwa
penggerakkan atau motivasi dalam pengelolaan program tahsin di Rumah Al-Qur’an At-Tartil
Kota Bengkulu dimulai dengan tujuan untuk membuat suatu program pembelajaran al-qur’an
yang dapat bermanfaat dengan baik bagi para peserta didik, sehingga mendorong terlaksananya
program pembelajaran tahsin untuk menjadi suatu bagian program pembelajaran yang
bermanfaat. (3) proses penilaian atau evaluasi di Rumah Al-Qur’an At-Tartil Kota Bengkulu
dilakukan dengan tujuan mengetahui capaian-capaian hasil belajar ataupun melakukan
perbaikan-perbaikan dari proses pembelajaran yang telah terlaksana agar di waktu yang akan
datang program pembelajaran tahsin dapat terlaksana dengan lebih baik lagi.
Kata Kunci : Perencanaan, Pembelajaran, Tahsin
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:25 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20113 |