Aulin, Cindy Rahayu and Herman, Lusa and Irfan, Supriatna (2023) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AR (AUGMENTED REALITY) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 41 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning berbantuan media AR (Augmentend Reality) 1 - Cindy Aulin.pdf [thumbnail of Peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning berbantuan media AR (Augmentend Reality) 1 - Cindy Aulin.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning berbantuan media AR (Augmentend Reality) 1 - Cindy Aulin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan model Discovey
Learning berbantuan media AR (Augmented Reality) dapat meningkatkan
minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 41
Kota Bengkulu, meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran
tematik kelas V SDN 41 Kota Bengkulu dan meningkatkan hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik kelas V SDN 41 Kota Bengkulu.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 41 Kota Bengkulu tahun ajaran
2022-2023. Jumlah siswa kelas VB yaitu 28 siswa dengan 13 siswa laki-
laiki dan 15 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik angket, observasi, dan tes. Instrument penelitian berupa lembar
angket, lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data
menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil nilai persentase
minat belajar siswa siklus I sebesar 59,64% meningkat pada siklus II
sebesar 77,5% dan pada rata-rata hasil aspek pengetahuanbelajar siswa
mata pelajaran Bahasa Indonesia siklus I sebesar 74,35 dengan
ketuntasan belajar 75% meningkat pada siklus II sebesar 80 dengan
ketuntasan belajar 85,71% dan mata pelajaran IPA pada siklus I sebesar
71,42 dengan ketuntasan belajar 75% meningkat pada siklus II sebesar
73,92 dengan ketuntasan belajar 82,14%. Kemudian rata-rata hasil
belajar siswa aspek sikap siklus I sebesar 2,615 meningkat pada siklus II
sebesar 2,815 dan rata-rata hasil belajar siswa aspek keterampilan siklus I
sebesar 3,00 meningkat pada siklus II sebesar 3,28. Dengan demikian,
penggunaan model Discovery Learning berbantuan media AR
(Augmented Reality) dapatmeningkatkan minat dan hasil belajar siswa
pada pembelajaran tematik kelas VB SDN 41 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: Model, Discovery Learning, Augmented Reality, Minat,
Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20142 |