ANALISIS PEMASARAN TERNAK KERBAU LUMPUR (Swamp Buffalo) DI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR

Naprizo, Naprizo and Edi, Soetrisno and Sutriyono, Sutriyono (2022) ANALISIS PEMASARAN TERNAK KERBAU LUMPUR (Swamp Buffalo) DI KECAMATAN TANJUNG KEMUNING KABUPATEN KAUR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
skripsi_Nafrizo_E1C016099.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran ternak Kerbau Lumpur di
Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Juli tahun 2022, di Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur
Provinsi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah
metode survey, instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara.
Kriteria sampel adalah para peternak yang memelihara ternak kerbau minimal 20 ekor dan
mempunyai pengalaman beternak selama 5 tahun. Dari hasil penelitian menunjukkan
bahwa saluran pemasaran kerbau ada tiga saluran yaitu a) penjualan melalui saluran I
yaitu 10 %, b) Penjualan melalui saluran II yaitu 45 % dan c) penjualan melalui saluran
III yaitu 45%. Margin pemasaran pada saluran II sebesar 1.500.000,- dan Margin
pemasaran pada saluran III sebesar 2.000.000,-. Keuntungan pemasaran pada saluran I
sebesar 1.500.000,-, saluran II sebesar 790.000,- dan Margin pemasaran pada saluran III
sebesar 1.290.000,-. Dan share harga pemasaran pada saluran 1 peternak menjual
ternaknya ke bagian tengkulak share harga sebesar 84, saluran pemasaran II (Tengkulak)
peternak menjual ternaknya melalui tengkulak share harga sebesar 0,9. Sedangkan saluran
pemasaran III (Pemotong) melalui pedangang/belatik ke bagian pemotong, lalu pemotong
menjual ke konsumen, share harga 92. Jadi total keseluruhan share harganya adalah 1,85
Untuk saluran pemasaran yang sangat baik adalah dilakukan oleh peternak pada pemasaran
saluran I karena peternak dapat menjual langsung ternaknya kepada konsumen dengan
harga yang di sepakati antara peternak dan konsumen.
Kata Kunci : Analisis Pemasaran, Ternak Kerbau Lumpur (Swamp Buffalo), Tanjung
Kemuning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:47
Last Modified: 19 Aug 2024 02:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20149

Actions (login required)

View Item
View Item