PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Kelas V SDN 17 Kota Bengkulu)

Akhmad, Gusti and Alexon, Alexon and Irfan, Supriatna (2023) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (PTK Pada Kelas V SDN 17 Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI GUSTI AKHMAD - Gusti Akhmad.pdf] Text
SKRIPSI GUSTI AKHMAD - Gusti Akhmad.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa
kelas V B SD Negeri 17 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran
Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang setiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Rencana; (2) Tindakan; (3) Observasi; (4)
Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 23 siswa
terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Instrument penelitian
berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data observasi penerapan
model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint dan
aktivitas belajar dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor
tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria.
Sedangkan untuk prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan menggunakan
rumus rata-rata nilai dan presentase belajar klasikal. Hasil penelitian untuk
Pelaksanaan Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together
berbantuan media PowerPoint pada siklus I mendapatkan kategori cukup dan
meningkat pada siklus II mendapatkan kategori sangat baik. Untuk hasil aktivitas
belajar siklus I dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan kategori
baik. Prestasi belajar siswa siklus I pada mapel Bahasa Indonesia diperoleh
ketuntasan belajar klasikal 52,1%. Meningkat pada siklus II dengan ketuntasan
belajar klasikal 86,9%. Dan pada mapel IPA nilai ketuntasan belajar klasikal
47,1% meningkat pada siklus II yaitu dengan ketuntasan belajar klasikal 78,2%.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together berbantuan media PowerPoint dapat meningkatkan
aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas V B SDN 17 Kota Bengkulu
Kata kunci: Model Numbered Head Together, PowerPoint, Atkivitas, Prestasi
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 05:00
Last Modified: 19 Aug 2024 05:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200