Dila, Belya Ulfa and Victoria, Karjiyati and Feri, Noperman (2023) PENGARUH PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI PENGARUH ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Belya UlfaDila.pdf [thumbnail of SKRIPSI PENGARUH ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Belya UlfaDila.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI PENGARUH ETNOMATEMATIKA KUE TAT MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF - Belya UlfaDila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh etnomatematika kue tat
terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Discovery Learning
pada pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Kota Bengkulu. Jenis
penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian
adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah beberapa SD yang ada di Kota Bengkulu yang terakreditasi A
dan berjarak 600 m dari sentra kue tat dan diperoleh kelas V A SD Negeri 02 Kota
Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V SD Negeri 103 Kota Bengkulu (kelas
kontrol). Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI A SD Negeri 02 Kota
Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif
uraian yang berjumlah 1 soal yang memuat empat indikator kemampuan berpiikir
kreatif. Hasil uji n gain pretest dan posttest kedua kelas eksperimen dan kelas
kontrol didapatkan skor n gain kelas eksperimen sebasar 0,43 dan kelas kontrol
0,38 yang menunjukkan bawah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif
anak dengan mengggunakan model pembelajaran discovery learning. Selanjutnya
hasil perhitungan uji-t posttest skor didapatkan thitung 0,713 < ttabel 2,06 artinya
tidak terdapat perbedaan yang signifikan yang berarti tidak terdapat pengaruh
etnomatematika kue tat terhadap kemampuan berpikir kreatif. Karena <
maka dapat disimpulkan tidak terdapat pengaruh dari etnomatematika kue
tat terhadap kemampuan berpikir kreatif menggunakan model discovery learning
pada pembelajaran matematika kelas V SDN Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning,
Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:30 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20185 |