HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BENGKULU

Widyaningrum,, Siti Maryam and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2023) HUBUNGAN PERSEPSI TENTANG PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DAN KOMPETENSI GURU DENGAN MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SITI MARYAM WIDYANINGRUM (A1G026020) FKIP PGSD UNIB - Siti Maryam Widyaningrum.pdf] Text
SKRIPSI SITI MARYAM WIDYANINGRUM (A1G026020) FKIP PGSD UNIB - Siti Maryam Widyaningrum.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan persepsi tentang program
profesi guru (ppg) dan kompetensi guru dengan minat menjadi guru pada
mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar Universitas Bengkulu. Jenis
penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini
seluruh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bengkulu,
angkatan 2018 semester 8 dan 2019 semester 6 berjumlah 213 dengan total
sampelnya 135. Teknik pengambilan sampel yakni menggunakan
propotional stratified random sampling dengan nomogram herry king untuk
menentukan ukuran sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket yang diakses melalui media online berupa google form.
Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif, meliputi analisis
statistik deskriptif dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian di Kampus
S1 PGSD FKIP UNIB, bahwa hasil analisis deskriptif persepsi mahasiswa
tentang PPG, persepsi mahasiswa tentang kompetensi guru dan persepsi
tentang minat menjadi guru adalah kategori sedang. Kemudian berdasarkan
hasil analisis uji hipotesis bahwa (1) Persepsi mahasiswa tentang program
PPG dengan minat menjadi guru memiliki korelasi dengan derajat kolerasi
sedang yakni bernilai 0.465, bentuk hubungannya positif dan signifikan
0,000. (2) Persepsi mahasisa tentang kompetensi guru terhadap minat
menjadi guru memiliki korelasi dengan derajat kolerasi sedang yakni
bernilai 0,554, bentuk hubungannya positif dan signifikan 0,000.
Kesimpulannya adalah (1) Terdapat hubungan positif persepsi mahasiswa
tentang program PPG dengan kategori sedang terhadap minat menjadi guru
yang juga berkategori sedang. (2) Terdapat hubungan positif persepsi
mahasiswa tentang program Kompetensi Guru dengan kategori sedang
terhadap minat menjadi guru yang juga berkategori sedang.
Kata Kunci : Minat menjadi guru, Persepsi tentang program PPG,
Kompetensi Guru.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:30
Last Modified: 23 Aug 2024 08:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20186

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200