Afriani, Nur and Resnani, Resnani and Irfan, Supriatna (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN GUGUS II BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI-NUR AFRIANI-A1G017032_compressed - Nur Apriani.pdf [thumbnail of SKRIPSI-NUR AFRIANI-A1G017032_compressed - Nur Apriani.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-NUR AFRIANI-A1G017032_compressed - Nur Apriani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar
siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimental. Desain dalam penelitian ini adalah The
Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitan ini
adalah seluruh kelas III SD gugus II Bengkulu Utara. Sampel penelitian adalah
kelas III SDN 087 Bengkulu Utara dan kelas III A SDN 080 Bengkulu Utara.
Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan penentuan
sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dicapai peneliti. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda
yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap
dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Hasil
penelitian menunjukan bahwa untuk hasil belajar aspek pengetahuan diperoleh
nilai thitung sebesar 6,15 dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1,69
dimana thitung ≥ ttabel. Dengan rincian presentase nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen sebesar 82,78 sedangkan kelas kontrol adalah 62,78. Untuk hasil
belajar aspek sikap presentase keseluruhan kelas eksperimen 78% sedangkan
kelas kontrol 65%. Untuk hasil belajar aspek keterampilan presentase keseluruhan
kelas eksperimen sebesar 75% sedangkan kelas kontrol 61%. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Tematik dengan menerapkan model Make a Match.
Kata Kunci: Tematik, Model pembelajaran Make a Match, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:04 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:04 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20197 |