Zulyadin, Zulyadin and Rambat, Nur Sasongko and Connie, Connie (2023) PEMBINAAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH TERPENCIL (Studi Kasus di SMPN 08 Bengkulu Utara). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS ZULYADIN perpus unib - anis Mawati.pdf [thumbnail of TESIS ZULYADIN perpus unib - anis Mawati.pdf]](https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/style/images/fileicons/text.png)
TESIS ZULYADIN perpus unib - anis Mawati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembinaan kinerja guru dalam
pembelajaran bidang studi Bahasa Inggris di sekolah terpencil (studi kasus di
SMPN 08 Bengkulu Utara). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kualitatif yang mendeskripsikan empat aspek rumusan masalah, yaitu pembinaan
kepala sekolah, pembinaan pengawas mata pelajaran, pembinaan kelompok
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan hasil pembinaan kinerja guru.
Data penelitian didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan: pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) pembinaan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris yang dilakukan
oleh kepala sekolah dalam hal ini mencakup empat aspek indikator pencapaian,
yaitu pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin, pemberian motivasi, dan
pemberian pelatiahan; (2) pembinaan kinerja guru bidang studi bahasa inggris
yang dilakukan oleh pengawas mata pelajaran, dalam hal ini mencakup tiga aspek
indikator pencapaian, yaitu pembinaan administrasi pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, hubungan interpersonal antara guru dan siswa; (3) pembinaan
kinerja guru yang dilakukan oleh kelompok Musyawara Guru Mata Pelajaran
(MGMP), dalam hal ini mencakup tiga aspek indikator pencapaian, yaitu
pengembangkan pembelajaran, pemberian motivasi, dan pengembangan diri; dan
(4) hasil pembinaan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris melalui pembinaan
kinerja guru dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi Bahasa Inggris SMPN
08 Bengkulu Utara yang ditandai dengan adanya peningkatan kinerja guru dalam
pembelajaran, dan mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan
capaian mutu sekolah yang lebih kondusif, efektif dan efesien.
Kata kunci: Pembinaan, Kinerja Guru, Bidang Studi Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:11 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:11 |
URI: | https://[https:%2F%2Frepository.unib.ac.id%2Fcgi]/id/eprint/20264 |