Anisah, Irma Nur and Agus, Susanta and Puspa, Djuwita (2023) PENGEMBANGAN e-MODUL BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![A BISMISLLAH TESIS IRMA NUR ANISAH - Irma Nur Anisah.pdf [thumbnail of A BISMISLLAH TESIS IRMA NUR ANISAH - Irma Nur Anisah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A BISMISLLAH TESIS IRMA NUR ANISAH - Irma Nur Anisah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis RME, mendeskripsikan
kelayakan, serta kepraktisan pengembangan e-modul berbasis RME dalam pembelajaran
Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK)
kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau research
and development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE yaitu analysis, design, development,
implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara pada
guru untuk mengetahui kebutuhan, dan respon guru. Di samping itu juga menggunakan angket
siswa untuk mengetahui kebutuhan dan respon siswa terhadap e-modul berbasis RME d alam
pembelajaran matematika secara daring. Data yang didapat dianalisis berdasarkan Koefisien
Aiken’s V. Penelitian pengembangan ini, menghasilkan produk berupa e-modul berbasis RME pada
pembelajaran Matematika materi FPB dan KPK kelas IV Sekolah Dasar. Kelayakan materi, bahasa
dan media (penyajian) dinyatakan layak, kepraktisan dinyatakan sangat praktis dinilai dari respon
guru, dan respon siswa.
Kata Kunci: e-modul, Pengembangan, Realistic Methematic Education (RME).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:22 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20266 |