Anggelena, Mega and M.Lutfi, Firdaus and Rendy, Wikrama Wardana (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATERI ENERGI TERBARUKAN BERBASIS PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK ENERGI MATAHARI SEBAGAI PENGGERAK POMPA AIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![MEGA ANGGELENA TESIS CETAK fix fix fix - MEGA ANGELLENA.pdf [thumbnail of MEGA ANGGELENA TESIS CETAK fix fix fix - MEGA ANGELLENA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MEGA ANGGELENA TESIS CETAK fix fix fix - MEGA ANGELLENA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa melalui pengembangan modul materi energi terbarukan berbasis
prototipe pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air.
Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development), dengan menggunakan langkah-langkah
penelitian pengembangan menurut Thiagarajana meliputi tahap
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop),
dan diseminasi (desseminate). Analisis data yang digunakan yaitu
mengumpulkan data respon guru dan peserta didik. Subjek penelitian
sebanyak 20 orang kelas X OTO 3 SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah.
Dari kegiatan pengembangan diperoleh produk prototipe pembangkit
listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air dan modul pembelajaran
fisika materi energi terbarukan berbasis prototipe pembangkit listrik energi
matahari sebagai penggerak pompa air beserta perangkatnya sebagai
berikut: (1) Nilai rata-rata kuat arus listrik yaitu 0,12 ampere dan
tegangan 15,08 volt. (2) Karakteristik modul berbasis prototipe
pembangkit listrik energi matahari sebagai penggerak pompa air yang
dikembangkan berbasis berpikir kritis. Modul yang dikembangkan
berisi masalah didukung oleh stimulus kegiatan berpikir kritis yang dapat
dipecahkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan energi terbarukan;(3) Kelayakan modul yang dikembangkan sangat
layak untuk digunakan, dengan rata- rata penilaian validator yang
didapatkan 90% dengan kriteria sangat layak; (4) keterampilan berpikir
kritis berpengaruh dengan nilai effect size 4,12 dengan kriteria tinggi; (5)
Respon guru dan peserta didik terhadap modul pembelajaran yang
dikembangkan dengan persentase rata-rata 92% termasuk kriteria sangat
baik.
Kata Kunci: Modul Materi Energi Terbarukan, Energi Matahari,
Keterampilan berfikir kritis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:39 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20272 |