IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS TERHADAP MEREK DAGANG TIRUAN DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU

Stela, Firman and Nursulistiyo, Budi Ambarini and Widiya, N Rosari (2019) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS TERHADAP MEREK DAGANG TIRUAN DI PASAR PANORAMA KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
stela firman cd pdf skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan merek palsu yang
bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek
dan Indikasi Geografis terhadap Merek Dagang Tiruan di kota Bengkulu,
dan untuk mengetahui faktor yang menghambat pelaksanaan Undang�Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis
terhadap Merek Dagang Tiruan di kota Bengkulu. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum empiris dengan
menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendekati masalah yang diteliti
secara langsung ke lapangan mengenai implementasi dan faktor
penghambaat pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang
Merek dan Indikasi Geografis terhadap Merek Dagang Tiruan di kota
Bengkulu. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan
studi dokumen sehingga penulis dapat memperoleh data yang akurat untuk
menjawab permasalahan dalam skripsi ini. Hasil penelitian menunjukan
bahwa : 1) pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang
Merek dan Indikasi Geografis terhadap Merek Dagang Tiruan di kota
Bengkulu belum berjalan sesuai dengan norma hukum karena masih banyak
pelanggaran yang terjadi masih banyak ditemui konsumen yang
menggunakan produk sandang merek tiruan dan masih banyak pedagang
yang memperdagangkan produk sandang merek tiruan tersebut, dan 2)
faktor penghambat pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016
tentang Merek dan Indikasi Geografis terhadap Merek Dagang Tiruan di
kota Bengkulu ini terdapat faktor ekonomi, faktor sosial budaya, dan faktor
kurangnya kesadaran hukum.
.
Kata Kunci: implementasi, hak kekayaan intelektual, merek dagang
tiruan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 20 Aug 2024 04:44
Last Modified: 20 Aug 2024 04:44
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item
View Item