Harniningsih, Harniningsih and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX Paket B di SPNF SKB Provinsi Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Harniningsih - Perpustakaan - Harni ningsih.pdf [thumbnail of Harniningsih - Perpustakaan - Harni ningsih.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Harniningsih - Perpustakaan - Harni ningsih.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan prosedur
pengembangan media pembelajaran berbasis Google Classroom untuk
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik, mengevaluasi kelayakan
media pembelajaran tersebut, serta keefektifan pemanfaatannya pada
mata pelajaran IPA Kelas IX PaketB. Penelitian ini dilaksanakan di SPNF
SKB Bengkulu Tengah dan SPNF SKB Kota Bengkulu Paket B. Merupakan
penelitian pengembangan (reseach and development) dengan
menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian adalah peserta didik
Kelas IX PaketB di Provinsi Bengkulu, dengan sampel peserta didik Kelas
IX Paket B di SPNF SKB Bengkulu Tengah sebanyak 10 peserta didik dan
SPNF SKB Kota Bengkulu sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian ini
adalah media pembelajaran berbasis Google Classroom yang memiliki
kelayakan sangat baik berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi dan
media menunjukkan perolehan skor kelayakan rata-rata sebesar 98,2% dan
99,2%. Hasil analisis data penilaian peserta didik, 100% menyatakan
senang menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan statistik dengan
menggunakan paired sample t-test nilai pretest dan posttest diperoleh hasil
bahwa media pembelajaran berbasis Google Classroom secara signifikan
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sebesar 11%. Hal ini
menandakan media pembelajaran tersebut efektif dalam meningkatkan
kemandirian belajar peserta didik dalam waktu yang relatif singkat.
Kata kunci: Google Classroom, kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 04:59 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 04:59 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20283 |