ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK YOGHURT RUMAH BABE DI KOTA BENGKULU

Susiyani, Agustina and Hidayat, Koto and Damres, Uker (2022) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK YOGHURT RUMAH BABE DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SUSIYANI A E1G018061 SKRIPSI SIDANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Produk olahan susu pada saat ini sudah sangat mengalami banyak perkembangan dan
produk olahan susu yang paling umum diketahui oleh masyarakat yaitu yoghurt. Yoghurt
yang berkualitas berperan penting dalam menciptakan kepuasan konsumen dan keuntungan
bagi perusahaan. Adanya tingkat persaingan perusahaan rumahan saat ini membuat produsen
dituntut untuk terus meningkatkan kualitas produk olahannya, salah satunya adalah industri
“Rumah Babe”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut produk yoghurt yang
perlu diperbaiki dan dipertahankan, serta menentukan tingkat kepuasan konsumen secara
keseluruhan terhadap produk.
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah untuk pengisian
kuesioner awal sebanyak 20 responden sedangkan jumlah untuk pengisian kuesioner utama
sebanyak 100 responden. Pada kuesioner awal, data diuji dengan uji validitas dan uji
reliabilitas untuk menentukan atribut yang valid dan reliabel yang digunakan untuk kuesioner
utama selanjutnya data dianalisis menggunakan metode IPA (Importance Performance
Analysis) dan dilanjutkan analisis tingkat kepuasan menggunakan metode CSI (Customer
Satisfaction Index).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yoghurt Rumah Babe yang perlu diperbaiki
yaitu atribut aroma yoghurt sesuai dengan variasi rasa, harga yoghurt terjangkau, ada diskon
harga pada pembelian yang banyak, adanya izin produksi, Sedangkan atribut yang perlu
dipertahankan yaitu atribut rasa yang bervariasi, informasi tanggal kadaluwarsa pada produk,
Rasa yoghurt sesuai dengan warnanya, kemasan yoghurt yang praktis, dan yoghurt tidak
menggunakan bahan pengawet. Berdasarkan indeks kepuasan konsumen menggunakan
metode Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh nilai sebesar 0,81 yang berarti tingkat
kepuasan konsumen terhadap keseluruhan atribut produk yoghurt Rumah Babe termasuk ke
dalam kriteria sangat puas.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Industrial Technology of Agriculture
Depositing User: Sugiarti, S.IPust
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:12
Last Modified: 22 Aug 2024 02:12
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20339

Actions (login required)

View Item
View Item