Maya, Nurhalimah and Samsul, Bahri and Yuzuar, Afrizal (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JALAN TERHADAP KELAYAKAN KONSTRUKSI JALAN DI KOTA BENGKULU (Studi Kasus Simpang 4 Kampung Bali Menuju Kampus UNIB). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
MAYA NURHALIMAH G1B019038 SKRIPSI. - Maya Nurhalimah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini berdasarkan atas survei pendahuluan yang
menggambarkan kondisi Jalan Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali
menuju ke arah Kampus UNIB dimana kondisi jalan terdapat banyak lubang,
bergelombang, trotoar berukuran kecil dan tidak menyeluruh ada di sepanjang
jalan serta saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik. Kondisi jalan di
bagian jembatan juga terdapat gelombang dan lubang-lubang. Selain itu jika
turun hujan lebat untuk beberapa waktu, terjadi genangan air yang
menyebabkan banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data
eksisting geometrik jalan, mendapatkan perhitungan nilai arus lalu lintas dan
kecepatan tempuh kendaraan, serta mendapatkan nilai sebenarnya kondisi jalan
Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali menuju ke arah Kampus UNIB
berdasarkan jawaban responden. Metode yang digunakan ialah metode
Importance Perfomance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).
Metode IPA digunakan untuk mendapatkan hasil kuadran. Metode CSI
digunakan untuk memperoleh hasil rata-rata nilai CSI. Metode ini digunakan
berdasarkan atas jawaban 100 responden yang telah mengisi kuesioner.
Responden terdiri atas 68 orang bergender laki-laki dan 32 orang bergender
perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pengguna jalan
dengan menggunakan metode IPA menghasilkan nilai tingkat penerapan (X)
sebesar 0,49 dan nilai tingkat kepentingan (Y) sebesar 0,51 berada pada
kuadran II, yang menunjukkan bahwa kondisi jalan belum sesuai harapan
pengguna jalan. Hasil analisis dengan menggunakan metode CSI menghasilkan
nilai rata-rata CSI sebesar 0,61 termasuk dalam kategori tidak puas. Dengan
demikian Jalan Kalimantan segmen Simpang 4 Kampung Bali Menuju Kampus
UNIB memiliki kinerja yang tidak memuaskan atau belum sesuai harapan
pengguna jalan.
Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Metode Importance Perfomance Analysis
(IPA), Metode Customer Satisfaction Index (CSI).
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering |
Depositing User: | Lili Haryanti, S.IPust |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20384 |