Hazril, Maulady and M Mustopa, Romdhon and Putri, Suci Asriani (2023) ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KOPI BUBUK MEREK KOPI GAYO DI UD. NJONJA MANIES KECAMATAN KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_HAZRIL MAULADY_E1D017087. - Hazril Maulady.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Banyak jenis kopi unggulan yang ada di Indonesia yang menjadi produk unggulan
ekspor. Salah satunya adalah kopi spesialti (specialty) yang termasuk ke dalam kopi
organik. Kopi Gayo adalah salah satu kopi yang termasuk dalam kopi spesialti berkualitas.
Peningkatan jumlah konsumsi kopi spesialti tentunya menjadi peluang besar bagi para
produsen. Oleh karena itu, produsen kopi bubuk merek Kopi Gayo pada UD. Njonja
Manies di Kecamatan Kuala Simpang disarankan mengetahui apa yang menjadi kepuasan
dan loyalitas konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen,
menganalisis atribut yang paling mempengaruhi konsumen serta menganalisis tingkat
loyalitas konsumen dalam membeli kopi bubuk merek kopi gayo. Jenis data yang
digunakan yaitu data primer yang dilakukan dengan wawancara secara langsung pada
responden, dan data sekunder dengan membaca dan menguntip dari pustaka yang relevan.
Metode penentuan lokasi dilakukan secara sengaja atau purposive. Metode yang digunakan
untuk menilai tingkat kepuasan adalah metode Quality Function Deployment (QFD) dan
untuk mengukur tingkat Loyalitas Konsumen menggunakan metode Piramida Loyalitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Tingkat Kepuasan konsumen dalam membeli
kopi bubuk merek Kopi Gayo dapat dikatakan bahwa konsumen merasa puas pada atribut�atribut yang ada pada produk kopi tersebut. Atribut-atribut yang paling mempengaruhi
kepuasan konsumen dalam membeli kopi bubuk merek Kopi Gayo dengan nilai bobot
terbesar hingga terkecil adalah Pelayanan, Ukuran Kemasan, Tanggal Kadaluarsa, Label
Produksi, Berat natto, Rasa, Aroma, Warna, Harga, Komposisi, Label SNI, Merek dan
Label Halal. Tingkat Loyalitas konsumen dalam membeli kopi bubuk merek Kopi Gayo
berbentuk piramida terbalik yang merupakan suatu bentuk keloyalan konsumen yang baik
dengan nilai commited buyer lebih tinggi dibandingkan switcher buyer.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Kopi Bubuk, Kopi Gayo, Loyalitas Konsumen.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 03:19 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 03:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20462 |