ARDIAN, SURYANA RUARZY and Edi, Hermansyah and Rahma, Fitri (2019) PENYELESAIAN GANTI RUGI YANG DI ALAMI PENUMPANG OLEH MASKAPAI PENERBANGAN CITILINK TERHADAP BARANG BAGASI YANG HILANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ARDIAN SURYANA RUARZY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Perjanjian merupakan suatu hubungan hukum antara dua pihak atau lebih
berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum. Hukum
pengangkutan tidak lain adalah merupakan sebuah perjanjian timbal balik
antara pengangkut dengan pengirim, dimana pengangkut mengikatkan diri
untuk menyelenggarakan pengangkutan barang dan atau orang dari suatu
tempat ke tempat tujuan tertentu dengan selamat , sedangkan pengirim
mengikatkan diri untuk membayar uang angkutan.Pengangkut bertanggung
jawab atas kerugian yang diderita oleh penumpang karena bagasi tercatat
hilang, musnah, atau rusak yang diakibatkan oleh kegiatan angkutan udara
selama bagasi tercatat berada dalam pengawasan pengangkut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui penyelesaian ganti rugi terhadap barang bagasi
penumpang yang hilang oleh maskapai penerbangan Citilink dan untuk
mengetahui faktor penghambat maskapai penerbangan Citilink dalam proses
mengganti kerugian terhadap barang bagasi penumpang yang hilang. Metode
analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif
yaitu analisis yang dideskripsikan dengan menggunakan kata-kata yang
menggunakan kerangka berpikir deduktif dan induktif dan sebaliknya.
Kerangka berpikir induktif yaitu dilakukan dengan cara menarik kesimpulan
dari data-data yang bersifat khusus ke dalam kata yang bersifat umum. Bentuk
pertanggung jawaban yang diberikan oleh pihak maskapai jika terjadi
kehilangan ataupun kerusakan bagasi tercata milik penumpang yaitu berupa
uang yang disesuaikan dengan nominal harga barang yang rusak maupun
hilang. Adapun jika terjadi kehilangan tersebut biasanya pihak maskapai akan
segera menyelesaikan permasalahan tersebut di tempat. Berkaitan dengan
pihak maskapai yang tidak melakukan tanggung jawabnya maka sanksi yang
diberikan mulai dari teguran tertulis atau administrasi maupun pencabutan izin
beroperasi.
Kata Kunci: Ganti Rugi, Pengangkutan Udar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | Irma Rohayu, S.IPust |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 08:23 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 08:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20495 |