Heryanti, Heryanti and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Merapi Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS HENI YATI - Yudi Malaka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
kerja kelompok untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) dan dilanjutkan dengan kuasi ekperimen. Penelitian
Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus, setiap siklus
melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Merapi Timur Lahat.
Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik
pengumpulan data dengan cara pengamatan dan tes ,sedangkan kelas
eksperimen hanya melakukan uji coba metode kerja kelompok. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan uji t dan nilai rata-rata kelasikal.
Berdasarkan analisis data penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Penerapan
metode kerja kelompok dapat meningkatkan kerjasama siswa; (2)
Penerapan metode kerja kelompok dapat meningkatkan Prestasi belajar
siswa; (3) Terdapat efektivitas penggunaan metode kerja kelompok untuk
meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas IX di SMP Negeri 2 Merapi Timur Lahat.
Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, metode kerja kelompok,
prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 03:07 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 03:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20541 |