Apiri, Enton and Riyanto, Riyanto and Buyung, Buyung (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 3 BENGKULU TENGAH. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_ENTON APIRI_S2 TP - Farizal Farizal.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan kemampuan membaca dan
menulis siswa dalam pelajaran Bahasa Inggris siswa Kelas XI MIPA SMAN
3 Bengkulu Tengah dan mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran
SQ3R efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa Kelas XI
MIPA SMAN 3 Bengkulu Tengah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian
tindakan kelas (PTK) dan eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah tahun pelajaran
2022/2023. Jumlah siswa untuk kelas PTK adalah 30 orang dan kelas kontrol
serta eksperimen 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes tertulis
kemampuan kemampuan membaca dan tes menulis. Analisis data yang
digunakan menggunakan analisis skor rata-rata dan uji tes yang terdiri dari
uji beda antar siklus (uji paired t test) dan uji beda dua sampel (uji
independent t test). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ3R
dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada mata
pelajaran Bahasa Inggris kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah.
Kata Kunci: Metode SQ3R, Menulis, Membaca, Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20590 |