AKIBAT HUKUM TERHADAP PERBUATAN ARANSEMEN ULANG (COVER VERSION) LAGU YANG DIKOMERSIALKAN DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

DYAH, RETNO KARINA and Candra, Irawan and Edi, Hermansyah (2019) AKIBAT HUKUM TERHADAP PERBUATAN ARANSEMEN ULANG (COVER VERSION) LAGU YANG DIKOMERSIALKAN DALAM MEDIA SOSIAL YOUTUBE DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
SKRIPSI DYAH RETNO KARINA NPM B1A015199.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Lagu merupakan salah satu karya cipta yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi
kebutuhan rohani dan jasmani. Pemanfaatan lagu sangat sering dilakukan oleh
para pecinta musik salah satunya dengan melakukan aransemen ulang (cover
version) lagu. Tidak jarang para pelaku aransemen akan menampilkan kembali
karya tersebut secara langsung (live) atau melalui media sosial salah satunya
YouTube. Permasalahan yang terjadi dalam perbuatan ini yaitu banyak dari pelaku
aransemen yang mengkomersialkan karya tersebut tanpa memiliki izin atau lisensi
dalam melakukan perbuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat
hukum yang ditimbulkan dari perbuatan aransemen ulang (cover version) lagu
yang dikomersialkan dalam media sosial YouTube serta upaya hukum yang dapat
dilakukan oleh pemilik hak cipta terkait perbuatan tersebut. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan metode
pendekatan perundang-undangan (statute approach). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa (1) Perbuatan aransemen ulang (cover version) lagu yang
dikomersialkan dalam media sosial YouTube yang tidak memiliki izin/lisensi
merupakan suatu perbuatan yang melanggar hak ekonomi pemilik hak cipta
sehingga dapat dituntut pertanggungjawabannya. (2) Upaya hukum yang dapat
dilakukan oleh pemilik hak cipta dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu dengan
melakukan upaya hukum non litigasi dan upaya hukum litigasi. Selain itu terdapat
tindakan lainnya yang dapat dilakukan oleh pencipta lagu untuk melindungi
ciptaannya dalam media sosial YouTube yaitu dengan tindakan melalui fitur
YouTube Content ID.
Kata kunci : Akibat Hukum, Aransemen, Komersial, YouTube.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Irma Rohayu, S.IPust
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:58
Last Modified: 26 Aug 2024 03:58
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20598

Actions (login required)

View Item
View Item