Sari, Sendy Aria and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 3 Gumay Talang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_SENDY_PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_KOOPERATIF_TIPE_PICTURE_AND_PICTURE_UNTUK_MENINGKATKAN[1]_compressed (2)_compressed - Taqiah Cantik.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan tanggung jawab dan
prestasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 3 Gumay
Talang. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan penelitian Tindakan
kelas (PTK) dan kuasi eksperimen. Metode pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk mengukur prestasi
belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data digunakan analisis skor
rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1)
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat
mengembangkan tanggung jawab siswa, (2) Penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
picture and picture efektif meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pembelajaran IPA.
Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture,
tanggung jawab, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20605 |