Yulistiawati, Yulistiawati and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Ujanmas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS_YULISTIAWATI Fix_compressed - Yulis Yulis.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) untuk meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar peserta didik
pada mata pelajaran Kimia kelas XI. IPA SMA Negeri 1 Ujanmas. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi
eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IPA.1 SMA Negeri 1
Ujanmas semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Melalui teknik
simple random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen adalah kelas
XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI.IPA.3 SMA Negeri 1 Ujanmas sebagi kelas kontrol. Instrumen
penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian
dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-
t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat
meningkatkan Kerjasama dan prestasi belajar Peserta didik kelas XI.IPA
SMA Negeri 1 Ujanmas
Kata kunci : STAD, Kerjasama, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20607 |