Rukilah, Rukilah and Nina, Kurniah and Buyung, Buyung (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN PEMECAHAN MASALAH (Studi Pada Anak Kelompok B TK Dharma Putri di Seluma). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-PERPUS - RUKILAH RUKILAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama penerapan
model pembelaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak, kedua penerapan model pembelajaran Project Based
Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah anak, dan
ketiga efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning
untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan
metode Penelitian Tindakan Kelas dilanjutkan dengan Kuasi Eksperimen.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan catatan lapangan.
Subjek Penelitian Tindakan kelas adalah anak kelompok B1 TK Dharma Putri
dengan jumlah anak dalam satu kelompok 15 orang. Penentuan kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan cara acak, anak kelompok B2 TK
Dharma Putri dengan jumlah anak 15 orang sebagai kelas eksperimen dan
anak kelompok B3 TK Dharma Putri dengan jumlah anak 13 orang sebagai
kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan
berbicara anak dan kemampuan pemecahan masalah anak, dan penerapan
model pembelajaran Project Based Learning efektif dapat meningkatkan
kemampuan berbicara anak di TK Dharma Putri.
Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, Kemampuan
berbicara, kemampuan pemecahan masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20608 |