PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. ( Studi pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Lahat )

Setiawan, Yudi and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA. ( Studi pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas X IPA di SMA Negeri 3 Lahat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS-YUDI SETIAWAN - Yudi Malaka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA merupakan salah satu aspek
pembelajaran yang termasuk dalam mata pelajaran wajib. Hasil observasi awal di
SMA Negeri 3 Lahat di dapat hasil keterampilan kolborasidan prestasi belajar siswa
masih rendah. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran berlangsung masih banyak
siswa yang belum bisa bekerja sama dan kurang komunikasi dalam proses
pembuatan infografis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, pertama
penerapan model Project Based Learning dapat meningkatakan keterampilan
kolaborasi siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia, kedua penerapan model
Project Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan ketiga
mendeskripsikan efektifitas penerapan model project based learning dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan untuk mengetahui efektifitas model Project Based
Learning dilakukan dengan model penelitian Kuasi Eksperimen. Pengumpulan data
dilakukan dengan observasi dan tes. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa
kelas X IPA 1. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan
cara di undi, siswa kelas X IPA 2 kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas
kontrol. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model Project Based
Learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan prestasi belajar siswa di
SMA Negeri 3 Lahat.
Kata Kunci : Model Project Based Learning, Keterampilan Kolaborasi, Prestasi
Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:24
Last Modified: 26 Aug 2024 04:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20609

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200