Mayasari, Henni and Johanes, Sapri and Nina, Kurniah (2023) PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DAN KREATIVITAS ANAK USIA DI PAUD PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS [thumbnail of TESIS]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS FINIS + plagiasi - Henni Mayasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode
Drill and Practice melalui kegiatan menggambar untuk meningkatkan
motorik halus dan kreativitas anak usia dini di Paud Pertiwi I Kota
Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas dan kuasi eksperimen. PTK yang dilaksanakan berupa siklus
tindakan yang terdiri dari 3 skilus dimulai dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak
kelompok B1 semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel
kelompok eksperimen adalah kelompok B2 dan kelompok kontrol adalah
kelas B3 Paud Pertiwi I Kota Bengkulu dengan menggunakan random
sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Data
penelitian menggunakan statistik diskriptif, rata-rata (mean), persentase
dan uji-t. Hasil penelitian menunujukkan adanya peningkatan motorik
halus dan kreativitas secara signifikan pada setiap siklus sehingga
menggunakan metode Drill and Praktice melalui kegiatan menggambar
efektif digunakan pada anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata
yang diperoleh pada siklus I hanya 2,33 kriteria MB, pada siklus II
meningkat menjadi 2,71 kriteria BSH dan pada siklus III mencapai 3,28
dengan kriteria BSB.
Kata kunci : metode Drill And Practice, menggambar, motorik halus dan
kreativitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 04:23 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/20610 |